Demokrat Usul Polri dan Kejaksaan Agung Gelar TWK seperti di KPK

Jakarta – Anggota Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi Demokrat, Benny Kabur Harman mengusulkan agar Kejaksaan Agung, Kepolisian Republik Indonesia, dan Kementerian Hukum dan HAM mengadakan tes wawasan kebangsaan (TWK) seperti yang ada di Komisi Pemberantasan Korupsi.

“Kalau boleh, di Kejaksaan, Kepolisian, dan Kumham juga dilakukan hal yang sama dan juga harus ada anggarannya di sini,” kata Benny saat rapat dengar pendapat dengan tiga mitra tersebut di Komisi III DPR pada Senin, 7 Juni 2021.

Benny mengatakan tes wawasan kebangsaan itu bukan demi memecat atau memberhentikan orang-orang yang tak sependapat seperti yang diduga terjadi di KPK. Namun, kata dia, hal itu dalam rangka menjalankan fungsi secara profesional agar para personel Kepolisian, Kejaksaan Agung, dan Kumham memiliki militansi.

Menurut Benny, ia tak mendengar satu pun kata ihwal agenda tes wawasan kebangsaan. Ia mengungkit pada zaman dulu ada agenda reformasi kultural di setiap institusi, yang kemudian dilanjutkan dengan revolusi mental ala Presiden Joko Widodo. “Ini saya lihat tidak muncul lagi, tolong itu dimasukkan kalau bisa,” ucap dia.

 

sumber: https://nasional.tempo.co/read/1469940/demokrat-usul-polri-dan-kejaksaan-agung-gelar-twk-seperti-di-kpk/full&view=ok